Hujan Buatan Hingga Baterai Mobil Listrik Ramaikan Hari Kebangkitan Teknologi

Jakarta -Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia akan menyelenggarakan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 19 di Gedung BPPT Jalan MH Thamrin Jakarta.

Acara yang diselenggarakan dari tanggal 8-12 Agustus ini akan menampilkan karya-karya teknologi anak bangsa pada bidang pangan, energi dan air. Bidang tersebut sesuai tema Hakteknas tahun ini yakni "inovasi pangan, energi, dan air untuk daya saing bangsa".


Produk unggulan yang dipamerkan antara lain teknologi pangan terkini hingga teknologi penghalau atau pencipta hujan karya anak bangsa. Bahkan teknologi masa depan pendukung mobil listrik yakni baterai lithium juga akan diperkenalkan ke masyarakat.


"Paling unik nano teknologi yakni agro teknologi. Kita punya mangga 1-2 hari busuk saat dibawa di transportasi. Dengan nano teknologi dilapisi maka tahan lama bisa 1-2 minggu," kata Ketua Pelaksana Harian Hakteknas Yohan saat acara press conference persiapan Hakteknas di Gedung BPPT Jakarta, Kamis (7/8/2014).


Pada acara ini akan ditampilkan setidaknya 19 hasil penelitian unggulan terkait energi, pangan hingga air. Penelitian tersebut akan masuk program pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi sehingga bisa bermanfaat untuk kemajuan bangsa.


"Dari 350 karya anak bangsa, kita seleksi hingga tinggal 19," katanya


Acara Haktenas ini juga akan diselingi seminar, musyawarah nasional iptek hingga RITECH Expo. Aktivitas ini akan didokumentasikan untuk penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 2015-2019.


"Harteknas akan dihasilkan dokumen akan masuk ke RPJMN masuk ke-3. Bagaimana iptek membantu pertumbuhan ekonomi," jelasnya.


Pada acara Haktenas tersebut akan menghadirkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasionanl Armida Alisjahbana, Menteri Riset Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Pertanian Suswono, Mantan Presiden RI BJ Habibie.


"Acara puncak Peringatan Hakteknas ke-19 akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono dan diisi penyerahan berbagai penghargaan anugerah iptek," ujarnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!