Pemerintahan Tersisa Kurang dari 3 Bulan, CT Fokus Benahi Perizinan

Jakarta -Jika berjalan lancar, Indonesia akan punya pemerintahan baru pada 20 Oktober mendatang. Itu artinya masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu II (KIB II) tinggal kurang dari 3 bulan lagi.

Chairul Tanjung, Menko Perekonomian, punya target tersendiri sebelum meletakkan jabatannya. Cukup banyak tugas yang harus diselesaikan, tetapi menteri yang akrab disapa CT ini punya fokus utama yaitu mengatasi berbagai masalah dalam perizinan usaha.


"Saya akan berkonsentrasi di masalah perizinan. Mempermudah dunia usaha itu akan memacu iklim investasi. Itu yang nomor satu akan saya prioritaskan," tegas CT saat ditemui usai acara halal bihalal di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (4/8/2014).


CT menyebutkan, pemerintah sudah membentuk tim untuk mengatasi masalah perizinan. "Tim sudah bekerja hari ini, targetnya 17 Agustus sudah menyelesaikan pekerjaannya kemudian 18 atau 19 Agustus sudah akan dirapatkan. Kalau seandainya diperlukan, akan dibawa ke sidang kabinet," katanya.


Pemerintah, lanjut CT, punya target untuk mempermudah proses perizinan usaha. "Diharapkan akhir Agustus atau paling lambat awal September masalah simplifikasi perizinan sudah bisa dilakukan. Perizinan ini juga menyangkut harmonisasi di daerah dan di pusat. Ini yang menurut saya akan jadi hal yang penting, supaya pengusaha, khususnya pengusaha kecil dan menengah, sudah bisa melaksanakan perizinannya dengan baik," paparnya.


Dalam waktu yang tersisa, CT berjanji akan bekerja keras agar pemerintahan berikutnya bisa menjalankan tugas dengan lebih mulus. "Saya akan bekerja sangat keras supaya pemerintahan Pak SBY bisa mengakhiri dengan baik dan pemerintahan yang baru nanti bisa mempunyai fondasi yang baik," ucapnya.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!