Ini Plus Minus Asuransi Kecelakaan

Jakarta -Membeli asuransi termasuk asuransi kecelakaan memang penting. Namun, perlu diketahui untung rugi dan jenisnya.

Ada asuransi kecelakaan bisa dilakukan sekali untuk satu kali perjalanan darat, laut, maupun udara yang sudah termasuk dalam harga tiket.


Selain itu, bisa juga membeli asuransi kecelakaan reguler yang dibayarkan rutin per bulan atau per tahun. Masing-masing punya kekurangan dan kelebihannya.


"Plus minusnya berbeda-beda. Untuk asuransi kecelakaan sekali trip, plusnya relatif harganya lebih murah dan dibayar sekali untuk satu keperluan saja," ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor saat dihubungi detikFinance, Minggu (3/8/2014).


Selain itu, asuransi kecelakaan untuk satu kali perjalanan bisa dibeli di konter-konter yang mudah diakses seperti terminal bus, stasiun kereta, atau bandara. Asuransi ini biasanya sudah satu paket dengan harga tiket. Namun begitu, membeli asuransi single trip ini hanya berlaku untuk satu kali perjalanan.


"Sekali trip biasanya ada package-nya, termasuk asuransi kecelakaan, atau kecelakaan umum. Sekarang ada beberapa konter menawarkan asuransi kecelakaan seperti di terminal, stasiun, bandara, jadi ini simpel, tapi ini kan cuma sekali saja, selebihnya ya nggak ada jaminan,” katanya.


Sementara dalam asuransi kecelakaan yang dibeli secara reguler setiap bulan atau tahun, Julian menyebutkan, akan ada jaminan kecelakaan selama setahun penuh. Pemilik polis hanya membayar premi setiap bulan atau tahun, namun perlindungannya sepanjang tahun.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!