Uang Tabungan Bisa Habis Dipotong Biaya Admin, Tergerus Inflasi Pula

Jakarta -Menyimpan uang di bank sudah tidak menguntungkan lagi seperti zaman dulu. Sudah bunganya kecil, masih dipotong biaya administrasi tiap bulan, eh tergerus inflasi pula.

Rata-rata bunga tabungan di perbankan dalam negeri sangat kecil, biasanya kurang dari 4%, masih di bawah inflasi Indonesia yang rata-rata di atas 5%. Belum lagi ada biaya administrasi yang dipotong langsung tiap bulan. Jumlahnya bervariasi dari mulai Rp 3.000 hingga Rp 20.000 per bulannya.


"Biaya administrasi rutin ini akan dipotong secara otomatis dari rekening nasabah secara rutin setiap bulannya," ujar seorang teller Bank swasta saat dihubungi detikFinance, Selasa (5/8/2014).


Seiring berjalannya waktu, tingkat inflasi Indonesia terus melambung tinggi sebagai konsekuensi wajar sebuah pertumbuhan ekonomi. Perlahan tapi pasti, hal ini membuat nilai dari mata uang menjadi semakin rendah.


Imbas nyatanya akan sangat terasa di masyarakat termasuk mereka yang menempakan dananya untuk menabung di bank. Jangan kira uang nasabah akan aman.


Tidak aman dalam hal ini bukan berarti uang nasabah akan digelapkan oleh karyawan Bank, melainkan menyusut nilainya secara wajar karena tergerus fenomena inflasi.


Data BPS menunjukkan Inflasi 2013 sebesar 8,38%, Inflasi 2012 sebesar 4,3%, Inflasi 2011 sebesar 3,79%, Inflasi 2010 sebesar 6,96%, Inflasi 2009 sebesar 2,78%, inflasi 2008 sebesar 11,06%.


Secara nominal, jumlah uang yang dibiarkan di bank tidak akan berkurang justru bertambah karena memperoleh fasilitas bunga simpanan dari bank yang bersangkutan. Namun nilai tukar uang terhadap harga barang akan semakin rendah karena tergerus inflasi seiring berjalan waktu.


Sebagai contoh sederhana, untuk membayar uanga pangkal kuliah di sebuah universitas swasta di Jakarta pada tahun 2008, seseorang hanya memerlukan dana Rp 10 juta. Sementara, untuk membayar uang pangkal kuliah di unversitas yang sama di tahun 2014 seseorang harus membayar Rp 16 juta.


Jadi, nilai uang nasabah akan menyusut hampir separuhnya dalam kurun waktu 6 tahun dengan sendirinya gara-gara inflasi. Sementara bunga bank tidak akan bisa mengejar tingkat inflasi.

Apakah Anda punya pengalaman uang di rekening tabungan menguap habis dimakan berbagai biaya bank? Kirim pengalaman Anda ke redaksi@detikfinance.com.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!