Kasus Dugaan Suap, Bos Bank BUMN di India Ditangkap

New Delhi -Polisi India menangkap Chairman dan Managing Director bank milik negara India (BUMN) Syndicate Bank, Sudhir Kumar Jain. Jain diduga menerima suap terkait tambahan pencairan pinjaman untuk perusahaan swasta.

Pihak pusat biro investigasi (CBI) India menangkap Jain di selatan Kota Bangalore bersama 11 tersangka lainnya, termasuk dua direktur perusahaan swasta yang berbasis di New Delhi.


"Kami telah menangkap Jain kemarin malam," kata Kanchan Prasad dari CBI dikutip dari AFP, Minggu (3/8/2014)


CBI yang merupakan lembaga tinggi di India yang khusus memerangi kriminal, telah mengamankan uang 5 juta rupee atau sekitar US$ 82.200 yang diduga akan diberikan kepada Jain melalui seorang di perusahaan swasta yang akan mendapatkan tambahan pinjaman dari Syndicate Bank.


Perusahaan swasta tersebut mengalami gagal bayar, dimana pinjaman tersebut untuk pembayaran kembali kepada bank menengah yang nilainya mencapai 10 juta rupee. Pihak CBI menegaskan masih terus melakukan investigasi.


Pihak CBI mengatakan telah menemukan ada dokumen-dokumen yang terkait kasus ini, mencakup 20 lokasi di empat kota dan mengamankan uang tunai, perhiasan dan properti milik Jain.


Kasus serupa pernah terjadi tahun lalu, pihak CBI menginvestigasi senior eksekutif bank milik negara yaitu Bank of India, terkait dugaan menerima suap.


(hen/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!