Perusahaan Ini Temukan Berlian 198 Karat di Lesotho

Maseru -Sebuah perusahaan tambang Gem Diamonds mendapati penemuan yang spektakuler. Tak main-main, perusahaan itu menemukan berlian 198 karat berkualitas tinggi di Lesotho (Afrika).

Menurut pernyataan dari perusahaan yang dikutip AFP, Selasa (5/8/2014), batu mulia tersebut ditemukan di tambang Letseng, di pegunungan Maluti di bulan Juli.


"Warna putihnya, berlian berkualitas tinggi dengan warna yang tidak memekar. Diharapkan bisa dijual dengan harga yang luar biasa tahun ini," sebut pernyataan itu.


Salah satu pertambangan berlian tertinggi di dunia di ketinggian 3.100 meter di atas laut, Letseng sudah mengeluarkan 5 dari 20 berlian putih kasar yang pernah tercatat.


Di tahun 2011, Gem Diamonds menemukan berlian putih 550 karat di pegunungan kecil, yang berada di kawasan Afrika Selatan.


Bulan Juni tahun ini, perusahaan lain, Petra Diamonds Culinnan menyatakan bahwa mereka menemukan berlian berwarna biru 122,52 karat di Afrika Selatan.


Sedangkan pada Februari tahun ini, Sierra Leone menyatakan penemuan batu berlian 153,44 karat yang dinilai US$ 6,2 juta setara Rp 62 miliar.


Gem Diamonds memiliki 70% saham di pertambangan Lesotho, sementara pemerintah setempat memegang 30%.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!