Mau Pelajari Model Ujian CPNS? Cek di Sini

Jakarta -Akhir bulan ini pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) kususnya Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pelaksanaan tes CPNS sendiri akan dilakukan mulai 8 Agustus 2014.

Sebelum mengikuti tes, ada baiknya calon pelamar CPNS berlatih mempersiapkan diri. Calon pelamar CPNS dapat belajar dari aplikasi simulasi Computer Assisted Tes (CAT) yang disediakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).


Bagaimana memperolehnya?


Kepada detikFinance, Kamis (7/8/2014), Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN RB Suwardi menjelaskan, calon pelamar dapat memperoleh aplikasi simulasi CAT di situs resmi BKN.


"Aplikasi ini sifatnya download, link download-nya bisa dibuka dengan mengakses alamat www.bkn.go.id/pengumuman/simulasi-cat-bkn. Kalau bisa bukanya di komputer atau laptop. Setelah di-download bisa langsung dicoba," ujar Suwardi.


Suwardi mengatakan, aplikasi tersebut berisi simulai tes CAT yang akan dipergunakan dalam tes seleksi CPNS. "Tapi jangan diartikan kalau itu bocoran soal. Tapi ini hanya untuk latihan bagi yang ingin mendaftar CPNS. Caranya persis seperti yang disimulasikan," sambung dia.


Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara menyampaikan surat edaran berisi jadwal resmi seleksi CPNS 2014. Adapun Agenda dan Kegiatan Penerimaan CPNS 2014‬ adalah sebagai berikut:



  1. Pendataan dan penyerahan usulan formasi dilakukan pada April - Mei 2014.

  2. ‪Pembentukan panitia penerimaan CPNS 2014 di tiap-tiap institusi atau BKD dilakukan pada Mei - Juni 2014.

  3. ‪Penyusunan soal ujian dilakukan mulai Mei 2014.

  4. ‪Pengumuman Formasi Lowongan CPNS dilakukan pada 18-29 Agustus 2014.

  5. ‪Pendaftaran CPNS 2014 dan seleksi berkas dilakukan mulai 20 Agustus - 3 September 2014.

  6. ‪Penyusunan soal dilakukan mulai Juni 2014.

  7. ‪Pelaksanaan ujian dan tes CPNS dimulai pada 8 September 2014 sampai selesai.

  8. ‪Pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS tahun 2014 melalui website dilakukan pada November - Desember 2014.‬

  9. ‪Penyerahan SK CPNS dilakukan pada Desember 2014 - Februari 2015.‬


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!