Cerita Pengalaman Buruk Seorang Menteri Ketika Terbang Bersama Lion Air

Jakarta - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini rupanya pernah punya pengalaman buruk saat menumpang pesawat Lion Air. Ceritanya, sekitar dua bulan lalu Helmy menggelar kunjungan kerja ke Tarakan, Kalimantan Timur.

Bersama rombongan Kementerian PDT, Helmy menumpang pesawat Lion Air rute Balikpapan-Tarakan. Saat masih berada di landasan pacu dan dalam kondisi hujan cukup deras, tiba-tiba air mengalir ke dalam kabin lewat pintu masuk pesawat.


Helmy sontak kaget menyaksikan peristiwa itu. Bahkan, dia tidak habis pikir ceceran air tersebut hanya ditutupi dengan beberapa lembar koran. Terusik dengan situasi tersebut, Helmy meminta pramugari segera memanggil pilot pesawat. "Saya tanya ke pilot, air masuk gini aman enggak, pilotnya bilang aman Pak. Saya kan awam tahunya pesawat ada air kan bisa kena kabel-kabel," ujar Helmy di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu (14/4/2013)


Belum hanya itu, Helmy sempat mencium bau gas di dalam kabin. Lantas, dia meminta pramugari untuk mengecek dan merazia penumpang yang bawa korek api gas. Sempat terjadi sedikit adu mulut antara Helmy dan pramugari karena si pramugari bersikukuh setiap penumpang sudah melewati gerbang metal detector.


Lantaran tidak puas, Helmy minta pramugari kembali memanggil pilot. Helmy bilang, tolong umumkan kepada penumpang bahwa pesawat tidak akan berangkat kalau tidak mengumpukan korek api gas. "Ternyata jumlahnya banyak," kata Menteri termuda di jajaran KIB jilid dua itu.


Setelah itu, pesawat akhirnya baru bisa terbang. "Semestinya kan di dalam pesawat harus lebih tertib," imbuh Helmy.


(dru/dru)