Jika Tahun Ini Tak Laku, Bank Mutiara Bisa Dijual di Bawah Rp 6,7 T di 2014

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) selaku pemegang saham Bank Mutiara (eks Bank Century) menyatakan, bank tersebut bisa dilepas dengan harga di bawah Rp 6,7 triliun di 2014, apabila tak kunjung laku.

Penurunan harga ini merujuk pada peraturan tentang batas waktu 5 tahun penjualan Bank Mutiara pasca mengakuisisi dan penyelamatan pada 2008 lalu. Namun Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Heru Budiargo mengaku, tahun ini pihaknya tetap berusaha menawarkan Bank Mutiara kepada publik dengan harga minimal Rp 6,7 triliun atau setara dengan nilai bailout Bank Century.


"Kita mencoba jual bank Mutiara tahun ini dengan harga Rp 6,7 triliun. Lima tahun kita diberi waktu, tapi tahun depan boleh dijual di bawah Rp 6,7 triliun," tutur Heru kepada wartawan di Kantor Pusat LPS di Equity Tower, Jakarta, Selasa (16/4/2013).


Di tempat yang sama, Kepala Eksekutif LPS Mirza Adityaswara menjelaskan, proses penawaran Bank Mutiara kepada investor pada periode 2013 atau tahun terakhir Rp 6,7 triliun akan dimulai pada Mei mendatang.


"Bank Mutiara tunggu bulan Mei. Setelah kita undang financial advisor Danareksa," tambahnya.


(feb/dnl)