Yuk, Melihat Produk-produk Buatan Narapidana di Pameran Kemenperin

Jakarta - Siapa bilang seorang penghuni sel tahanan atau narapidana tak bisa berkarya? Banyak narapidana yang juga menciptakan karya-kaya seni, kerajinan tangan, dan produk-produk bernilai tinggi.

Salah satu buktinya adalah karya-karya mereka yang dipamerkan di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jl Gatot Soebroto, Jakarta. Bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Ham, Kementerian Perindustrian menggelar acara pameran Industri Unggulan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) di plasa Kemenperin.


Pameran ini menyuguhkan produk-produk karya para narapidana binaan lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


"Binaan lapas dari lapas Jawa Barat, Jawa Tengah, banyak nggak cuma dari Jakarta saja, seluruh Indonesia," ungkap salah seorang sumber kepada detikFinance, Selasa (16/4/2013).


Tak hanya menyuguhkan produk-produk lapas, acara ini juga menggelar peragaan busana yang langsung dilakukan oleh tahanan-tahanan lapas. Salah satunya adalah Indri Efendi, seorang tahanan asal rutan Pondok Bambu yang dengan gemulai memamerkan busana kebaya yang dipakainya.


Selain itu, produk-produk lain yang dipamerkan diantaranya, batik, lukisan, kaligrafi, vas bunga, kursi anyaman, dan banyak lagi. Pameran ini diselenggarakan mulai hari ini 16 April 2013 hingga 19 April 2013 di plasa Kemenperin, dan diikuti oleh 44 divisi lembaga pemasyarakatan di Indonesia.


(zul/hen)