LPS: Sejak Krisis 1998, Hanya 1 Bank Besar RI yang Kolaps

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan, pasca krisis perbankan hebat yang menghantam Indonesia pada 1998 lalu sampai saat ini, hanya ada 1 bank besar yang kolaps, yaitu Bank Century.

Ketua Dewan Komisioner LPS Heru Budiargo menyatakan, kondisi ini menunjukkan ketahanan sistem keuangan dan perbankan Indonesia sangat kuat dan baik.


"Kalau LPS, baru selamatkan 1 bank. Di situ kebaikan atau good news perekonomian Indonesia. Sejak krisis besar 98, hanya 1 (bank besar)," tutur Heru di Kantor Pusat LPS, Equity Tower, Jakarta, Selasa (16/4/2013).


Tapi di samping bank besar, jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ditutup LPS selama ini cukup banyak atau hampir mendekati 50 BPR. Heru menegaskan, ditutupnya BPR tersebut terjadi fraud (pembobolan) atau miss management (salah kelola) di internal BPR, bukan karena kondisi makro ekonomi.


"Meskipun BPR yang ditutup cukup banyak sejak 2005. Ada 48 BPR. Tahun ini ada 3 bank yang ditutup BPR semua. Bank Kecil cuma ada 1 bank kecil yang ditutup, yakni Bank IFI di 2009. Tapi ada 1.800 BPR yang menyebar di mana-mana. Itu bukan karena perekonomian tapi karena miss conduct dari pengurus," pungkasnya.


(feb/dnl)