Telur Emas 'Ocean Twelve' Rp 12 Miliar yang Hilang, Ditemukan di Perbatasan Swiss

Grenoble - Sebuah perhiasan berbentuk telur emas yang hilang dicuri empat tahun lalu senilai satu juta euro (Rp 12,3 miliar) berhasil ditemukan polisi Prancis di perbatasan Swiss.

Telur emas tersebut merupakan salah satu bikinin perajin perhiasan Faberge yang terkenal. Telur emas ini juga pernah muncul di film 'Ocean Twelve' yang dibintangi George Clooney dan Brad Pitt sebagai target pencurian.


Polisi menemukan telur emas tersebut dalam mobil BMW yang dikemudikan dua orang Belarus ketika dihentikan untuk pemeriksaan rutin. Dua orang tersangka tersebut pun langsung dibekuk.


Tersangka ketiga, yang juga berkebangsaan Belarus, dicokok tak berapa lama kemudian saat Jaguar yang ia kendarai hendak melarikan diri saat berada tak jauh di belakang BMW.


Ketika diinterogasi, satu tersangka mengaku mereka menemukan karya seni bernilai tinggi itu tergeletak di jalanan. Namun satu tersangka lain mengaku membeli telur emas itu di toko loak.


"Mereka tidak banyak bicara. Kami rasa kami sedang berurusan dengan pihak yang diutus untuk mengantar dan bernegosiasi untuk penjualan benda seni itu," kata salah satu polisi Prancis yang enggan disebutkan namanya kepada AFP, Selasa (16/4/2013).


Ketiga tersangka, yang berumur antara 24 sampai 38 tahun, dikenakan tuduhan pencurian dan kepemilikan senjata api. Ternyata, mereka juga pernah beberapa kali beraksi sebagai pencuri di Prancis dan Swiss.


Telur yang isinya emas pada seberat lebih dari satu kilogram dan bertahtakan ratusan berlian itu dicuri pada 2009 lalu dari perusahaan ekspor-impor Kuwait yang berkantor di Jenewa.


(ang/dnl)