Asia Royal Beli Senjata, China Juaranya

Jakarta -Perekonomian yang lesu membuat belanja alat-alat militer di negara barat turun. Sebaliknya sejumlah negara di Asia Pasifik, belanja militernya justru meningkat.

Sebanyak empat negara Asia, yaitu: China, Jepang, India, dan Korea Selatan, berhasil masuk dalam daftar 10 negara dengan belanja militer terbesar di dunia untuk tahun 2013.


IHS Jane's Aerospace, Defense & Security, perusahaan analis pertahanan asal Inggris, mendata bahwa pengeluaran negara-negara Asia Pasifik untuk belanja militer mencapai 24 persen dari total US$ 1.538 triliun belanja militer di seluruh dunia pada 2013.


IHS Jane melacak pengeluaran militer di 77 negara yang terbilang paling royal membelanjakan duitnya untuk keperluan militer. Mereka mendapati, untuk tahun ini, total belanja militer dunia akan naik sedikit, menjadi US$ 1.547 triliun.


Fakta yang menarik, belanja militer negara-negara Asia diprediksi bakal terus naik dan mencapai 28 persen pada akhir dekade ini. Untuk urusan ini, China juaranya.


China bercokol di urutan kedua negara dengan belanja militer terbesar sedunia. Beijing telah meningkatkan anggaran pertahanannya sebesar 10 persen saban tahun. Tahun lalu pengeluarannya mencapai US$ 139,2 miliar.


Peningkatan anggaran militer ini menjadi sorotan di tengah memanasnya hubungan China dengan negara-negara tetangganya, terkait batas negara di darat dan laut. China saat ini bersengketa dengan Filipina, Jepang, dan India.Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!