Rogoh Rp 10 Triliun, Foxconn Bangun Apa Saja di Jakarta?

Taipei -Raksasa teknologi asal Taiwan, Foxconn Technology telah menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan Pemda DKI Jakarta terkait investasi senilai US$ 1 miliar kurang lebih Rp 10 triliun. Upaya ini sebagai diversifikasi produk mereka yang telah ada di China.

"Kami akan datang membahas rencana investasi lebih rinci dengan pemerintah pusat dan Pemda DKI Jakarta dalam tiga bulan," jelas pejabat Hon Hai Precision Industry yang merupakan induk usaha Foxconn kepada AFP, dikutip Minggu (9/2/2014)


Investasi US$ 1 miliar di Jakarta untuk apa saja?


Pejabat Hon Hai itu menjelaskan investasi akan selesai dalam 3-5 tahun ke depan untuk bidang Penelitian dan Pengembangan (R&D), desain perangkat lunak dan internet untuk proses manufaktur dan perakitan produk elektronika.


Pembangunan pabrik di Jakarta bagian dari diversifikasi investasi Foxconn di China yang telah membuat produk-produk dari Apple seperti iPhone, juga produk Sony dan Nokia.


Di China, Foxconn mempekerjakan 1 juta pekerja, separuhnya berada di selatan Kota Shenzhen, China. Pihak pejabat Hon Hai mengatakan, pelan-pelan China kehilangan daya pikatnya sebagai tujuan investasi yang selama ini terkenal dengan upah dan tanah yang murah.


Pada akhir 2013, Foxconn mengumumkan untuk menginvestasikan US$ 40 juta di bidang manufaktur dan fasilitas penelitian di AS. Foxconn telah memiliki fasilitas produksi lebih dari 10 negara di dunia termasuk di Vietnam, Brasil dan Meksiko.


Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengatakan pemerintah provinsi DKI Jakarta akan memfasilitasi untuk persiapan investasi Foxconn di Jakarta. Mulai dari perizinan hingga menyediakan lahan untuk Foxconn.


"Dalam kesepakatan tadi kita ingin membantu dalam bidang infrastruktur, perizinan, menyiapkan lahan yang dibutuhkn butuh 200 hektar. Untuk awal 20 hektar. Di KBN (Kawasan Berikat Nusantara) ada provinsi, komersial, BUMN dan swasta," kata Jokowi.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!