Pengusaha Dukung OJK Cari Solusi Bagi Debitur UKM Korban Gunung Kelud

Jakarta -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencari jalan keluar untuk meringankan beban debitur pelaku usaha korban letusan Gunung Kelud. Pasalnya, tak sedikit pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi korban.

"Pada prinsipnya Kadin mendukung langkah OJK. Apalagi ini sebagian besar pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi korban bencana. Gunung Kelud ini juga skalanya lebih luas," ujar Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Bidang UKM dan Koperasi Erwin Aksa, Minggu (16/2/2014).


Seperti diberitakan, OJK bakal mengeluarkan kebijakan yang dapat melonggarkan beban para debitur yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud.


Erwin juga menambahkan pihaknya juga berterima kasih sebab OJK sebelumnya telah mengeluarkan aturan yang memberikan kelonggaran khusus bagi para debitur yang terkena dampak bencana alam di sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, dan di Kota Manado, Sulawesi Utara.


Erwin mengatakan, dampak dari Gunung Kelud jauh lebih luas bagi dunia usaha. Sebab sudah menjangkau lebih dari lima provinsi.


"Otomatis ini sangat berpengaruh pada proses distribusi, supply chain, dan ritail, dimana banyak UKM memperoleh manfaat di dalamnya," ujar Erwin.


Kadin juga meminta agar perbankan memberi keringanan pembayaran cicilan utang bagi nasabah UKM korban banjir dan bencana di Manado dan Gunung Sinabung.Next


(dru/mkl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!