Dahlan Iskan: Pisang Mulai Diekspor, Jambu Citra Menyusul

Jakarta -Tanyalah tentang pisang, pepaya, atau jambu citra kepada Dirut PTPN 8, Dadi Sunardi. Dia akan jawab dengan gaya seorang marketing perusahaan buah. Kini dia sudah menguasai secara detil persoalan buah tropik.

Sama dengan kalau Anda bertanya tentang semen kepada Dirut PT Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, yang sejak membeli pabrik semen di Hanoi dia punya nama Vietnam Vu Van Qui.


Begitulah, sudah kian banyak Dirut BUMN yang menguasai persoalan detil bidang usaha masing-masing. Mungkin sudah lebih 80 persen yang seperti itu. Sudah sangat berbeda dengan suasana masa lalu.


Dulu saya sering menemukan direksi yang tidak bisa menjawab persoalan detil bidang usaha mereka. Setiap kali saya bertanya detil, sang Dirut selalu minta stafnya untuk menjawab.


Sejak itu saya minta kalau saya berkunjung ke BUMN hanya direksi yang boleh hadir di ruang rapat. Direksi tidak bisa lagi bertanya kepada staf untuk memberikan jawaban.


Saya lihat sekarang ini para direksi umumnya sangat asyik kalau bercerita tentang usaha masing-masing. Sudah jarang yang kesibukannya hanya bermanuver politik, baik di lapangan golf, di kafe-kafe, di lobi hotel, atau di acara-acara politik.


Tentu masih ada satu-dua yang melakukan kasak-kusuk. Tapi segera mudah ketahuan dan terlihat noraknya.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!