Pejabat Kemendag Belum Tahu Menteri Baru Pengganti Gita Wirjawan

Jakarta -Sejak Gita Wirjawan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Perdagangan pada 31 Januari 2014, para pejabat Kementerian Perdagangan mengaku belum tahu siapa yang akan menjadi Menteri Perdagangan baru.

"Saya kok belum dapat kabar ya. Belum tahu mungkin kalau sudah dilantik baru tahu. Tetapi belum ada kabar, tetapi siapapun yang dipilih presiden tentu baik meneruskan inilah kita sudah punya modal," ungkap Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo saat ditemui di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (10/02/2014).


Awalnya memang kuat perkiraan bahwa Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi akan mengisi posisi yang ditinggalkan Gita. Namun ada lagi kabat yang mengatakan, mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang juga mantan Dubes Indonesia untuk Jepang M. Luthfi bakal menjadi Menteri Perdagangan baru.


Siapapun yang akan menjadi Menteri Perdagangan baru, harus menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang ditinggalkan Gita Wirjawan. Salah satunya adalah target pembentukan produk hukum Kemendag yaitu berupa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) dan Peraturan Presiden (Perpres).


"Ini banyak ada beberapa puluh Permen (peraturan menteri), Perpres yang harus kita siapkan. Nanti paling tidak ada 20 produk hukum yang harus kita kerja keras. Ini sama teman-teman cukup menyita waktu untuk merampungkan," jelas Gunaryo.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!