Nama Muhammad Lutfi Muncul Jadi Mendag Baru Pengganti Gita Wirjawan

Jakarta -Desas-desus siapa sosok pengganti Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) baru masih jadi misteri. Namun yang terbaru, muncul nama Muhammad Lutfi.

Lutfi dulu pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan setelah itu menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang.


Sumber detikFinance di pemerintah membenarkan kabar tersebut. "Pak Lutfi Mendag baru. Nanti Kamis pelantikannya. Itu pilihan Presiden," ungkap sumber itu.


Menanggapi kabar munculnya nama Lutfi, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyambutnya. "Beliau (Lutfi) muda ya kan? Menurut saya Pak Lutfi adalah seorang yang pintar, ya orang yang cerdas, berpengalaman di dunia internasional dan pernah banyak berhubungan dengan kita (Kementerian Perdagangan)," ungkap Bayu saat ditemui di Gedung DPR hari ini.


Bayu menambahkan, sosok Lutfi mirip dengan Gita Wirjawan. "Kalau nanti benar dia ditunjuk Presiden, saya kira ya mirip dengan Pak Gita lah, ya," imbuhnya.


Bayu belum bisa memastikan Lutfi yang nanti akan menjabat sebagai Mendag yang baru. Ia menunggu sampai pengumuman resmi disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


"Ya nanti kita lihat nanti pengumuman resminya, sampai pelantikan. Kita semua jajaran Kementerian Perdagangan siap," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!