Perusahaan Arifin Panigoro Cari Migas di Papua Nugini

Jakarta -Medco Asia Pacific Limited anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk akan melakukan eksplorasi atau mencari minyak dan gas bumi (Migas) selama 6 tahun di wilayah Juha Extension di Papua Nugini.

Pencarian minyak di Papua Nugini tersebut dapat dilakukan setelah perusahaan dalam negeri tersebut berhasil mengakuisisi 90% saham milik Moonbi Enterprises Limited yang berada diwilayah kerja western Province di Papua Nugini.


MedcoEnergi yang merupakan perusahaan milik pengusaha nasional Arifin Panigoro memiliki izin eksplorasi yang dinyatakan dalam Petroleum Prospecting License No. 470, terdiri dari empat blok onshore dengan luas wilayah kerja keseluruhan sebesar 324 km2.


Wilayah ini berada di Papuan Fold Belt (Papuan Basin) yang memiliki potensi minyak dan gas, terletak berdekatan dengan lapangan gas Juha yang dioperasikan oleh perusahaan multinasional sejak tahun 2000.


“Langkah akuisisi di Papua Nugini ini sesuai dengan strategi Perseroan untuk berfokus pada kegiatan eksplorasi yang berkualitas tinggi serta memperluas operasi E&P di area internasional," ujar Direktur Utama Medco Energi, Lukman Mahfoedz dalam keterangannya, Senin (10/2/2014).


Lukman mengungkapkan, Papua Nugini menawarkan sistem fiskal Migas yang menarik, dengan sistem royalti (bukan kontrak PSC), bagian kontraktor bisa mencapai hampir 70%.


“Sejak tahun lalu Perseroan telah melaksanakan program eksplorasi yang cukup agresif. Dalam tahun 2013, kami menghabiskan belanja modal eksplorasi lebih dari US$ 90 juta, untuk tahun ini kami akan menambah komitmen belanja modal hingga US$ 155 juta. Dan sekarang kami memperluas wilayah eksplorasi hingga ke Papua Nugini,” ungkap Lukman.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!