Paling Parah Terkena Dampak Letusan Kelud, Dua Bandara Ini Segera Dibuka

Jakarta -Abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di sejumlah bandara di Jawa Timur dan Jawa Tengah berangsur mulai dibersihkan. Dari 4 bandara yang ditutup, 2 bandara telah dibuka kemarin dan 2 sisanya akan dibuka besok dan lusa.

Corporate Communication Department PT Angkasa Pura 1 Handy Heryudhityawan menjelaskan, bandara Ahmad Yani Semarang telah dibuka malam tadi pukul 21.00, sedangkan bandara Juanda Surabaya dibuka pukul 18.00 kemarin.


"Yang sudah dibuka ini Surabaya sama Semarang," kata Handy kepada detikFinance, Minggu (16/2/2014).


Sedangkan 2 bandara lain yaitu bandara Adisutjipto Yogyakarta dan bandara Adi Soemarmo Solo akan dibuka besok dan lusa. Menurut Handy, Adisutjipto akan kembali beroperasi pada 18 Februari 2014 pukul 07.00 dan Adi Soemarmo pada 17 Februari pagi hari.


"Karena yang terparah terkena abu itu Solo dan Yogyakarta. Kami sedang melakukan pembersihan," jelas Handy.


Handy mengatakann banyak abu yang menggumpal dan masih menutupi apron, landasan pacu hingga pendingin ruangan di bandara-bandara tadi. Pembersihan abu dilakukan Angkasa Pura 1 dengan mengerahkan tim bantuan dari TNI.


Terkait dengan kerugian, Handy mengatakan belum menghitung secara rinci berapa total kerugian yang dialami oleh pihak Angkasa Pura 1. Potensi kerugian disebabkan karena banyaknya transaksi bisnis yang tidak berjalan, kerugian dari passenger service charge (PSC) juga biaya tambahan untuk memperbaiki sarana dan infrastruktur yang rusak karena bencana letusan Gunung Kelud tersebut.


"Belum dapat dilaporkan, masih diinventarisasi. Misalnya Surabaya dengan jumlah penumpang 50.000 itu luar biasa transaksi nggak berjalan," tutup Handy.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!