Arahan Menteri Rini ke Bos Baru Bulog: Beri Untung ke Petani

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberi tugas khusus kepada Direktur Utama Perum Bulog yang baru, Lenny Sugihat. Arahan Rini kepada Lenny adalah berikan keuntungan yang baik bagi para petani.

"Bulog ke depan, di bawah Bu Lenny untuk dapat beli hasil pertanian dari petani dengan harga yang wajar yakni cost petani ditambah keuntungan sehingga petani dapat menanam lagi," kata Rini dalam diskusi media di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (31/12/2014).


Rini juga memberi PR lain kepada Direksi Bulog. Manajemen Bulog harus mampu penjaga stabilitas harga pangan di pasar.


Alhasil Bulog ke depan nanti diberi kuasa atau hak untuk impor bahan pangan jika terjadi defisit pasokan pangan yang membuat harga melonjak.


"Ke depan kerjasama untuk tangani impor kalau terjadi kekurangan pasokan. Bulog juga punya tanggungjawab jaga harga di pasar agar stabil," jelasnya.


Bulog, kata Rini, juga akan masuk ke pangan lain selain beras.


"Tujuh produk tambahan yakni beras, jagung, kedelai, gula, bawang merah, cabe dan daging sapi," jelasnya.


Meski memiliki tugas menjaga harga pangan dan harga beli di petani, Bulog tetap harus memperoleh untung. Tantangan ini harus dijawab oleh Lenny sebagai Dirut Bulog yang baru.


"Bulog nggak lepas dari untung. Kalau nggak untung, dia nggak bisa bayar gaji karyawan, bayar renovasi gudang, tambah gudang baru. Itu perlu keuntungan. Itu perlu kepiawaian manajemen," jelasnya.


(feb/ang)