Begini Cara Basuki Menilai Calon Pejabat di Lelang Jabatan Kementerian PUPR

Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan jasa penilaian dari PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) untuk melakukan penilaian atau assessment terhadap calon-calon pejabat negara dalam lelang jabatan di lingkungan Kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono tersebut.

"Saya sedang melakukan assessment. Jadi assessment dilakukan oleh oleh PT DDI," ujar Basuki saat berbincang santai dengan detikFinance di ruangannya, di Lantai 2 Gedung Utama, Kamtor Pusat Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (30/12/2014).


Ia menjelaskan, dipilihnya DDI untuk melakukan penilaian calon-calon pejabat tinggi di Kementeriannya tersebut lantaran ia berpendapat bahwa perusahaan asessor tersebut telah berpengalaman melakukan penilaian calon-calon pejabat tinggi negara di berbagai Instansi negara lainnya.


"Saya kira DDI adalah institusi yang sangat credible yang dipakai Instansi-instansi lain. Saya kira cukup credible saya ikuti prosesnya," tutur dia.


Ia melanjutkan, hasil penilaian dari DDI ini akan dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan siapa saja calon yang cocok untuk menduduki Jabatan-jabatan setingkat eselon I di Kementerian PUPR.


"(Hasil penialaian) saya pakai untuk mengetahui posisi temen-temen saya di sini. Cocok atau tidak mereka untuk mengemban tugas yang akan dipercayakan nantinya," jelas dia.


Ia pun menyebut, penilaian ini tidak hanya diperuntukkan bagi pejabat Eselon I saja tetapi juga pejabat di level eselon II dan III.


"Semua, bukan hanya eselon 1, malahan hari ini eselon 2 dan 3 sedang assessment," pungkas dia.


Instansi yang sudah memakai Jasa DDI adalah Kementerian BUMN untuk melakukan penilaian terhadap calon Bos-bos Perusahaan Pelat Merah.


(dna/ang)