Cegah Penyelewengan, Bantuan Traktor Gratis Dikawal Babinsa

Sukoharjo -Kementerian Pertanian (Kementan) membagikan 134 traktor roda dua bermerek Yanmar kepada para petani di Sukoharjo, Jawa Tengah. Pembagian ratusan traktor gratis akan dilakukan besok (31/1/2015) dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rencananya proses pemberian traktor secara gratis ini melibatkan Babinsa atau Bintara Pembina Desa dari TNI Angkatan Darat (TNI AD). Tujuannya untuk memastikan bantuan jatuh ke tangan gabungan kelompok tani (Gapoktan).


"Nanti dibantu Pangdam (Panglima Komando Daerah Militer)," ungkap Bupati Sukoharjo Wardoyo Widjaya saat meninjau lokasi persawahan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman di Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo, Jumat (30/01/2015).


TNI AD yang dilibatkan dalam pembagian traktor adalah dari Kodim I Diponegoro. Secara rinci proses penyaluran pembagian ke 134 traktor dilakukan melalui Dinas Pertanian kabupaten setempat. Kemudian disalurkan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), yang proses pendistribusiannya diawasi oleh Babinsa TNI AD.


"Kita beri kepada Gapoktan setiap Gapoktan ada 20 petani. Ini untuk kerja seluruh petani Gapoktan," imbuhnya.


Sementara itu di tempat yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengaku bersemangat untuk mencapai target swasembada pangan beras 2017.


Di tahun ini pihaknya menargetkan produksi 73 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) atau naik 3 juta ton dari realisasi produksi tahun 2014 sebesar 70 juta ton GKG.


"Negara kita ini besar. Siapa yang tidak semangat kalau begini. Saya optimis swasembada pangan bisa diwujudkan. Negara ini dibangun dan merdeka karena ada optimis di sana yang penting produksi menjadi perhatian serius," tegas Amran.


(wij/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com