Ini Traktor-traktor Gres yang Siap Dibagikan Gratis ke Petani oleh Jokowi

Ngawi -Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman akan memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dalam kondisi baru (gres) kepada para petani. Setelah di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, petani di Jawa Timur (Jatim) juga akan diberikan ratusan traktor dan pompa gratis.

"Iya ini akan dibagikan secara gratis kepada petani di Jawa Timur khususnya Ngawi," ungkap Amran saat ditemui di Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur Jumat (30/01/2015).


Di desa ini, Mentan Amran menempatkan sebanyak 852 unit traktor dan 377 pompa air merek Kubota, Jepang. Penempatan ratusan alsintan ini bahkan hingga meluber ke Jalan Raya Ngawi-Madiun, Jawa Timur.


Rencananya alsintan khususnya traktor akan dibagikan kepada 38 kabupaten di seluruh Jatim. Pembagian traktor akan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi, besok (31/01/2015).


Khusus di Kabupaten Ngawi akan diberikan 34 unit traktor. Pembagian ratusan traktor dan mesin pompa akan diberikan kepada Gabungan Kelompok Petani (Gakoptan) di bawah koordinasi Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA).


"Ini baru riil, petani langsung yang menerima. Jadi ini bergerak ekonomi dengan sendirinya," imbuh Amran


Menurut Amran dalam 3 tahun ke depan, petani di Jatim akan diberikan 30.000 unit alsintan gratis oleh pemerintah pusat. Harapannya dengan pembagian ribuan alsintan ini, dapat menggenjot produktivitas beras nasional.


"Dengan 30.000 traktor dan alat-alat lain akan menggerakan 1,8 juta hektar. Pak Bupati dan Pak Camat doanya sudah diterima," kata Amran sambil menoleh ke Bupati Ngawi Budi Sulistyono.


(wij/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com