JK: Harga Sembako Naik-Turun Bukan Karena BBM Saja

Jakarta -Harga BBM jenis premium tidak lagi disubsidi, untuk solar subsidinya tetap Rp 1.000/liter, sehingga harga BBM bisa naik-turun. Banyak pihak khawatir ini membuat harga kebutuhan pokok (sembako) tidak stabil.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, harga BBM jenis premium dan solar subsidi bisa naik-turun, tergantung harga minyak dunia.


Namun menurut JK, pergerakan harga sembako bukan hanya karena pengaruh harga BBM saja.


"Ukuran sembako naik kan banyak, bisa karena hujan bisa karena gagal panen, bukan hanya minyak (BBM) saja. Jangan kira harga itu hanya terpengaruh satu faktor, kalau musim hujan ini mana mau cabai bisa tumbuh," jelas JK di kantor Wapres, Jakarta, Jumat (30/1/2015).


Berdasarkan pantauan detikFinance akhir pekan lalu, harga cabai di tingkat konsumen sudah turun mengikuti harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang turun 2 kali selama Januari 2015. Penurunan paling signifikan dialami oleh cabai merah besar, yang mencapai 75%.


Akan tetapi, untuk harga wortel, kangkung, dan bayam mengalami kenaikan. Pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, menjelaskan sejumlah sayur-mayur memang mengalami kenaikan harga akibat kondisi cuaca yang kurang mendukung. Kenaikan paling tinggi dialami oleh wortel.


(dnl/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com