JK Kunjungi Proyek Rusun Murah di Surabaya, Bunga Cicilan 5%

Surabaya -Pada hari ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengunjungi lokasi pembangunan rusunami (rumah susun milik) bersubsidi di Surabaya. Rusun ini akan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Tbk.

Rusun yang lokasinya di Kelurahan Jajang Tunggal, Wiyung, Surabaya ini merupakan rusunami murah. "Harga dari pemerintah Rp 140 juta/unit," jelas JK usai kunjungan, Sabtu (31/1/2015).


Kawasan lokasi rusunami ini masih tanah kosong. Memang pemerintah memiliki program pembangunan 1 juta unit hunian, yang rencananya akan dibangun mulai Maret 2015 nanti.


"Kita kembangkan semuanya, harus cepat. Pemerintah akan memberi subsidi uang muka dan bunganya. Harganya? Harga dari pemerintah itu Rp 140 juta per unit," jelas JK, didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini.


JK mengungkapkan, masyarakat bisa menyicil rusun tersebut selama 10-15 tahun. Bagaimana syarat rentang pendapatan untuk masyarakat yang bisa membeli rusun ini?


"Tidak boleh lebih dari 30% untuk cicilan dari gajinya per bulan," ujar JK.


Pada kesempatan itu, JK ditanya soal cara pemerintah agar pembeli rusun bersubsidi ini tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah.


"Pasti tidak ada orang yang mau mampu tinggal di rumah yang hanya 21 meter (persegi)," cetus JK.


Bunga kredit pembelian rusun ini juga terbilang murah, hanya 5%. Ini karena pemerintah memberikan subsidi bunga untuk masyarakat.


JK juga meminta Risma untuk bisa mengawasi, agar para pembeli rusun subsidi dari pemerintah tepat sasaran kepada masyarakat berpenghasilan rendah.


(dnl/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com