Ritel Modern Tidak Jual Apel Berbakteri

Jakarta -Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menegaskan secara umum apel impor yang beredar di ritel modern tidak mengandung bakteri berbahaya. Apel-apel yang dijual di tempat tersebut aman untuk dikonsumsi.

Pemerintah melalui Menteri Perdagangan Rachmat Gobel sudah menghentikan izin impor apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi oleh Bidart Bros di California, Amerika Serikat (AS).


Ketua Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (Aseibssindo) Kafi Kurnia mengatakan, apel jenis Granny Smith dan Gala yang ditengarai berbakteri merupakan jenis apel berkaramel.


“Di Indonesia apel jenis itu tidak masuk, jadi masyarakat tidak perlu panik,” katanya dalam siaran pers, Jumat (30/1/2015).


Wakil Sekjen Aprindo Satria Hamid menambahkan, kebanyakan apel impor yang dipasarkan oleh peritel Indonesia merupakan apel buah segar bukan apel olahan.


“Apel segar yang ada di Anggota Aprindo didatangkan dari Washington DC, AS dan telah melewati pengawasan yang ketat sehingga aman untuk dikonsumsi,” katanya.


Sebagai informasi pada tanggal 26 Januari 2015 lalu Pemerintah sudah mengeluarkan surat penghentian impor apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi oleh Bidart Bros California.Next


(ang/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com