Bank Favorit Bruce Willis di Rusia Kolaps

London -Aktor Hollywood, Bruce Willis, ternyata kena juga imbas krisis finansial di Rusia. Bank favoritnya di Negeri Beruang Merah sudah kolaps.

Selama empat tahun terakhir, bintang film 'Die Hard' ini gencar mempromosikan bank lokal Rusia, Trust Bank. Bahkan, Willis juga tampil di iklan bank tersebut dengan jargon "Trust me, Trust Bank."


"Dalam iklan untuk Trust Bank, saya ingin berperan sebagai pahlawan yang menyelamatkan masyarakat dari lift yang terbakar. Saya ingin memberi pesan bahwa kredit yang kami berikan sangat hebat," kata Willis seperti dikutip CNN, Senin (29/12/2014).


Sayangnya, pesan itu sulit sampai ke telinga calon debitur gara-gara krisis finansial. Tingkat kepercayaan orang akan sistem keuangan Rusia saat ini menjadi sangat rendah setelah jatuhnya nilai tukar ruble dan meroketnya suku bunga.


Orang-orang Rusia saja sudah memburu dolar AS, mereka takut akan semakin jatuhnya nilai ruble dan membuat harga barang-barang impor melonjak.


Dalam satu bulan terakhir, tingkat suku bunga acuan bank sentral Rusia sudah melonjak dua kali lipat dan sekarang berada di level 25%. Hal ini akan membuat bank-bank Rusia makin sulit salurkan kredit.


Bank Sentral Rusia menyatakan siap membantu Trust Bank dengan suntikan dana 30 miliar ruble (Rp 7,3 triliun) supaya tetap beroperasi dan melindungi dana nasabah. Ada rencana bank-bank lainnya juga akan diselamatkan.


(ang/hds)