Ini Cara Agar Jokowi Bisa Capai Swasembada Pangan

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan swasembada beberapa komoditas pangan dalam 5 tahun ke depan, termasuk beras. Namun untuk mencapainya perlu langkah nyata.

Plt Deputi II Kementerian Perekonomian Bambang Adi Winarso mengatakan ada beberapa permasalahan yang perlu dipecahkan Jokowi untuk mencapai itu.


Pertama, perlu koordinasi lintas sektoral yang lebih baik, terutama soal tumpang tindih tugas pokok dan aksi yang masih terjadi antar kementerian. Misalnya soal kewenangan tanggung jawab pembangunan dan perawatan sistem irigasi.


"Irigasi kita harapkan antara PU (Kementerian Pekerjaan Umum) dan Kementerian Pertanian bisa menyelesaikan, PU yang primer dan sekunder, Kementan yang tersier (irigasi kecil)," kata Bambang di acara Seminar Nasional Kedaulatan Pangan di kantor Bulog, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (29/12/2014).


Kedua, menurut Bambang adalah persoalan pendistribusian subsidi pupuk yang tidak tepat sasaran dan tak tepat waktu. Jokowi harus mampu memecahkan masalah tersebut agar jalan menuju swasembada bisa dicapai dengan lebih mudah.


"Pupuk sering banyak masalah, bagaimana ini diperbaiki dan bisa sampai langsung ke tangan petani. Begitu juga perbenihan, ketidaksediaan benih juga harus terselesaikan," katanya.


Ketiga, menekan potensi kehilangan hasil panen, atau gagal panen yang diakibatkan banjir, kekeringan, dan lainnya. "Kalau bisa mengurangi ini, ini akan mampu mengungkit produksi yang ada," tambahnya.Next


(zul/hen)