Berkat Jokowi, Bos BUMN Hingga Jenderal Malu Terbang Pakai Kelas Bisnis

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap blusukan menggunakan pesawat komersial. Sebagai seorang presiden, Jokowi memilih duduk di kelas ekonomi.

Gara-gara Jokowi kerap terbang pakai kelas ekonomi, mulai dari bos perusahaan pelat merah, pejabat negara hingga jenderal kini malu memakai memanfaatkan penerbangan kelas bisnis.


"Saya dapat laporan banyak direksi BUMN nggak berani duduk kelas bisnis. Dulu juga banyak bupati sampai jenderal bintang 1 yang duduk di nomor 1 (kelas bisnis). Beberapa minggu kemudian pak presiden duduk nomor sekian, kemudian sekarang jarang sekali pejabat negara duduk di kelas bisnis," kata Menpan RB Yuddy Chrisnandi saat acara pencanangan zona integritas di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/3/2015).


Sebelum ada gebrakan dari Jokowi, pejabat negara hingga bos BUMN terbiasa duduk di kelas bisnis. Hal senada juga terjadi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.


Di kementeriannya, sebut Yuddy, para pejabat dahulu terbiasa menggunakan kelas bisnis, tamun kini para pejabat Kemenpan RB lebih memilih duduk di kelas ekonomi.


Padahal secara regulasi, Presiden Jokowi tidak mengeluarkan kebijakan mengikat tentang larangan terbang memakai kelas bisnis hingga kelas satu.


"Padahal nggak ada peraturannya. Ini revolusi mental dipahami bukan sebagai peraturannya karena nggak ada peraturan tapi perilaku dan keteladanan," ujarnya.


(feb/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com