RI Mau Bangun 4 Pelabuhan Berkelas Dunia Senilai Rp 13,5 T

Brisbane -PT Pelindo II (Persero) merencanakan pembangunan beberapa pelabuhan pada akhir 2015. Ada 4 pelabuhan dengan biaya total sekitar Rp 13,5 triliun dengan kualitas setara dengan pelabuhan Townsville dan Brisbane di Australia.

"Semua pelabuhan baru yang akan dibangun itu pasti dengan produktivitas worldclass semua. Seperti yang kita lihat (di Australia)," kata Direktur Utama Pelindo II RJ Lino kepada detikFinance, Kamis (5/3/2015).


Pertama adalah pelabuhan Sorong dengan luas area 7.500 ha. Investasinya sekitar Rp 3-3,5 triliun dengan target penyelesaian pada 2017. Selain menjadi pusat untuk Indonesia bagian timur, pelabuhan ini akan strategis untuk kapal-kapal dari Australia.


Kedua adalah Kijing, Kalimantan Barat. Luasannya adalah sekitar 5.000 ha dengan investasi yang dikeluarkan Rp 3,5-4 triliun. Kijing juga akan ditopang oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).


"Akan ada kawasan ekonomi khusus di sana. Sehingga aktivitas pelabuhan akan tinggi," ujar Lino.


Ketiga adalah pelabuhan Carat, Sumatera Selatan. Nilai investasinya hampir sama dengan rencana untuk pelabuhan Kijing. Sementara area pelabuhannya seluas 5.000 ha.


Keempat adalah pelabuhan Cirebon dengan investasi Rp 2 triliun. Berbeda dengan tiga pelabuhan sebelumnya yang dibangun baru, pelabuhan Cirebon hanya direnovasi. Terutama perluasan lahan 20 ha dengan reklamasi.Next


(mkl/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com