Bos PLN: Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik 3 Bulan ke Depan

Jakarta -Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir sore ini menyambangi Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sofyan menghadap Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Usai pertemuan di akhir pekan ini, Sofyan melaporkan komitmen perusahaan untuk tidak menaikkan tarif listrik sampai 3 bulan ke depan, khususnya untuk listrik industri.


"Tarif listrik belum ada rencana naikkan. Memang ada masalah kurs, BBM yang naik sedikit. Tapi menurut saya 3 bulan ke depan kita belum rencana naikkan tarif listrik," kata Sofyan di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (7/3/2015).


Komitmen tersebut dilakukan karena pemerintah dan PLN ingin menjaga iklim usaha secara kondusif. Jika listrik dinaikkan maka beban operasional perusahaan di Indonesia akan meningkat.


"Saya bingung siapa nyampaikan itu. Justru kami mikir bagaimana tarif industri ini kita turunkan perlahan-lahan. Supaya animo para pengusaha dan investor bisa lakukan perluasan. Kan tujuannya untuk pekerjaan, pengangguran dikurangi," paparnya.


Pada kesempatan tersebut, sofyan melaporkan tekanan pelemahan rupiah terhadap kinerja keuangan PLN. PLN mengalami rugi kurs hingga Rp 1,3 triliun selama 4 sampai 5 bulan terakhir. Hal ini membuat BUMN listrik itu harus melakukan berbagai langkah efisiensi.


"Tekanannya 4-5 bulan sekitar Rp 1,3 triliun untuk itu kami bisa mencari dari efisiensi dengan mengganti diesel BBM dengan gas lalu PLTU yang belum maksimum kapasitasnya itu kita tingkatkan," ujarnya.Next


(feb/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com