Cerita Warga: Listrik Mahal, Sering Dikritik Tetangga Seperti Rumah Hantu

Jakarta -Tarif listrik untuk golongan rumah tangga 2.200 volt ampere (VA) bakal naik pada akhir April 2015. Kondisi ini membuat sebagian ibu rumah tangga makin pelit (hemat), menggunakan listrik.

"Daya listrik rumah saya 2.200, tiap bulan tagihan listrik sekitar Rp 800.000 lebih," ujar Anita, pemilik rumah di Kawasan Jagakarsa Residence, Jakarta Selatan, ditemui Jumat (6/3/2015).


Awalnya, rumah Anita hanya memiliki daya listrik 1.300 VA, namun seiring meningkatnya kebutuhan listrik dengan makin banyaknya perabotan elektonik, pada 2006 ia menaikkan daya listrik menjadi 2.200 VA.


"Kalau tetap pakai 1.300 VA, nggak kuat listriknya, sering 'jeglek'," katanya.


Namun, akibat menaikkan daya listrik jadi 2.200 VA, tagihan listrik setiap bulannya meningkat. Untuk mengatasi terus membengkaknya biaya listrik setiap bulan, suka tidak suka, Anita harus melakukan penghematan listrik.


"Saya hemat-sehematnya, AC pakainya seperlunya, lampu kalau malam juga banyak yang dimatikan, sampai tetangga-tetangga saya kritik rumah saya seperti rumah hantu, karena sebagian lampu saya matikan. Ya mau bagaimana lagi. Apalagi listrik katanya April mau naik lagi tarifnya, bisa-bisa tagihan listrik saya Rp 1 juta/bulan," tutupnya.


(rrd/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com