Di Banyuwangi Bakal Ada Dermaga Khusus Kapal Pesiar

Banyuwangi -Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo siap mendukung pembangunan dermaga marina yang akan dikembangankan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Banyuwangi berencana membangun marina di kawasan Pantai Boom.

Kawasan Pantai Boom ini berada di atas lahan milik PT Pelindo III yang luasnya mencapai 30 hektar. Dermaga sandar kapal pesiar ini direncanakan mampu menampung 100 yacht atau kapal pesiar kecil.


Menurut Indroyono, Banyuwangi sangat potensial dalam pengembangan dermaga sandar yacht ini. Mengingat lokasi Banyuwangi yang berdekatan dengan Bali, memungkinkan yacht dari Australia yang selama ini sandar di Benoa Bali bisa bergeser ke Banyuwangi.


“Benoa saat ini sudah overload, why not bila geser ke sini (Banyuwangi). Kami akan mengundang kapal-kapal pesiar untuk berlabuh di marina Banyuwangi. Kami bantu promosinya pastinya,” ujar Indroyono saat kunjungan kerja di Banyuwangi, Jumat (6/3/2015)


Terkait pengembangan wisata bahari, Indroyono akan memangkas waktu pengurusan perizinan sandar kapal yacht di Indonesia.


“Dulu izin masuk kapal yacht ke sini bisa makan waktu 30 hari lebih, sekarang sudah kita potong sekitar 7 hari saja. Ke depan, secara online izinnya kami targetkan bisa selesai sehari saja,” imbuhnya


Potensi pengembangan dermaga marina sangat menjanjikan. Saat ini¸kata Indriyono, Bali telah menjadi tempat parkir kapal yacht Australia.Next


(hen/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com