Harga Beras Hingga Elpiji Naik, Biaya Hidup Makin Tinggi

Jakarta -Biaya hidup masyarakat Indonesia akan makin tinggi. Banyak kebutuhan hidup sudah dan akan naik harganya dalam waktu yang berdekatan.

Misalnya, elpiji 12 kg yang naik ke Rp 134.000, harga beras eceran rata-rata Rp 20.000 per liter, Bahan Bakar Minyak (BBM) premium naik jadi Rp 6.900 per liter, nilai tukar dolar AS yang melambung hingga Rp 13.000.


Itu yang sudah naik. Nah, ada juga yang baru mau naik, seperti tarif listrik, tarif tol, dan tarif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Semua ini akan membuat biaya hidup makin tinggi.


Perencana Keuangan Aidil Akbar mengatakan, dengan adanya kenaikan biaya hidup secara serentak ini, masyarakat harus lebih pintar lagi dalam mengatur keuangan.


Masyarakat harus bisa menyiasati keuangannya dengan dua cara, mengurangi pengeluaran atau menambah pendapatan.


"Dari kebutuhan sandang, pangan, papan itu dilihat lagi apa yang bisa dikurangi atau ditunda dulu," kata Aidil kepada detikFinance, Kamis (5/3/2015).


Kalau ternyata sudah mentok dan tidak ada yang bisa dikurangi lagi, maka saatnya mencari pemasukan tambahan. Bagaimana caranya berhemat atau menambah pemasukan? Tunggu berita selanjutnya.


(ang/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com