Pemerintah 'Guyur' Rp 184 Miliar untuk 31 Pulau Terluar Berpenghuni

Jakarta -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengalokasikan anggaran khusus 2015 untuk pembangunan pulau-pulau terluar berpenduduk yang jumlahnya mencapai 31 pulau dari 92 pulau terluar. Anggaran ini untuk memperbaiki kualitas hidup dan menjalankan roda perekonomian masyarakat pulau-pulau terluar.

Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan (KKJI) Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Keci (KP3K), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agus Dermawan mengatakan anggaran itu untuk membangun berbagai fasilitas infrastruktur di 31 pulau terluar berpenduduk.


"31 Pulau terluar kita akan jadikan pulau mandiri. Tahun ini kita usulkan Rp 770 miliar tetapi hanya terpenuhi Rp 184 miliar," katanya kepada detikFinance, Kamis (8/01/2015).


Berbagai fasilitas infrastruktur akan dibangun seperti fasilitas air bersih, listrik, dermaga, jalan dan transportasi. Cara ini dilakukan agar penduduk di 31 pulau terluar itu sesuai standar IPM atau Indeks Pembangunan Manusia.


"Jadi pulau kecil dan terluar itu bisa terpenuhi IPM-nya," imbuhnya.


Selain dana KKP, bantuan pembangunan pulau terluar juga akan didanai kementerian lain, misalnya Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan membangun pembangkit listrik tenaga surya di 25 pulau terluar dengan dana Rp 147 miliar dan juga akan dibangun 5 BTS (Base Transceiver System).


"Khusus pulau kecil terluar yang jumlahnya 31 pulau, pemerintah harus hadir. Untuk itu di pulau kecil maka harus dibangun infrastrktur dasar," jelasnya.


KKP mencatat saat ini Indonesia memilik 17.504 pulau dimana 13.466 pulau sudah didaftarkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dari jumlah itu ada 92 pulau terluar dimana 31 pulau berpenduduk 61 pulau lainnya tidak berpenduduk.


(wij/hen)