Waterfront Securities: IHSG Akan Cenderung Menguat

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan 8 Januari 2015 ditutup menguat 0,09% pada level 5.211. Sektor perkebunan menyumbangkan kenaikan terbesar. Investor asing net sell Rp 135,5 miliar.

Indeks di bursa Wall Street kembali ditutup menguat karena adanya spekulasi bahwa The Fed masih akan mendukung pertumbuhan ekonomi meskipun terdapat indikasi membaiknya perekonomian AS. Sentimen positif masih berasal dari hasil pertemuan Fed sehari sebelumnya, yang mengindikasikan bahwa The Fed belum akan mengubah kebijakan suku bunganya dalam waktu dekat meskipun indikator ekonomi AS mengalami perbaikan. Para pejabat The Fed sepakat tidak akan menaikkan suku bunga sebelum akhir April.


Selain itu The Fed merasa optimistis dengan perekonomian AS dan pasar tenaga kerja AS. Sedangkan laju inflasi diyakini masih pada level rendah. The Fed juga mengkhawatirkan dampak perlambatan ekonomi global terhadap ekonomi AS, namun stimulus dari bank sentral-bank sentral lainnya diperkirakan mampu mengatasi hal itu.


Faktor positif berlanjut setelah ECB mengeluarkan pernyataan bahwa program pembelian obligasi ECB kemungkinan akan termasuk pembelian obligasi pemerintah, ditengah ekonomi area euro yang belum pulih.


Untuk Indeks Harga Saham Gabungan hari diperkirakan bergerak cenderung menguat. IHSG diperkirakan berada dikisaran level 5.174-5.241. Rekomendasi: BSDE, AALI, LSIP, BBNI, WIKA, BBRI, BBCA, BMRI, ADHI, UNVR, SMRA.


(hds/hds)