Selain Bibit Subsidi, Mentan Amran Bagikan Benih Gratis untuk Petani

Jakarta -Kementerian Pertanian (Kementan) mempercepat realisasi swasembada pangan yang ditarget bisa tercapai dalam 3 tahun. Selain menyediakan bibit subsidi, kementerian juga bakal membagikan 750.000 kg benih kedelai gratis untuk 3 juta hektar lahan di seluruh Indonesia.

"Kita ada program bibit gratis. Sebanyak 25 kg dikali dengan 3 juta hektar. Itu yang gratis," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat dihubingi detikFinance, Sabtu (10/1/2015).


Sebagai tahap awal, di 2015 akan ada 750.000 kg bibit gratis yang akan disebar.‎ Saat ini, kata dia, pihaknya sedang melakukan pendataan terhada kelompok-kelompok tani yang akan menjadi target pemberian benih cuma-cuma ini. Tujuannya agar bibit yang diberikan sampai ke tangan petani yang benar-benar membutuhkan.


"Datanya nanti akan saya akurasi lagi, tapi tahap pertama ada sekitar 750.000 kg bibit kedelai yang akan kita bagikan," katanya.


‎Selain benih gratis, pihaknya juga sudah mulai membagikan secara bertahap benih bersubsidi yang terdiri dari Padi, Jagung dan Beras. Ada sekitar 50.000 ton benih subsidi yang penyediaannya dilakukan melalui skema penunjukan langsung oleh BUMN, PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri.


Pihaknya juga telah menyalurkan sekitar 7.000 alat mesin pertanian alias alsintan berupa hand tractor yang dibagikan ke sejumlah kelompok tani di seluruh Indonesa, pada akhir tahun lalu.


"Seperti di Jawa Barat saya bersama Pak Jokowi sudah menyerahkan sekitar 1.000 unit. Juga beberapa daerah lainnya. Total yang sudah dibagikan 7.000-an unit dan itu dilakukan hanya dalam waktu 2 minggu," jelasnya.Next


(dna/hen)