Waskita Karya Siap Bangun Jembatan Atas Laut Saingan Suramadu

Jakarta -BUMN konstruksi, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) sedang mempersiapkan detil teknis proyek jembatan atas laut di Kalimantan Timur (Kaltim) senilai Rp 6 triliun sepanjang 12 Km. Jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara ini akan dibuat seperti Jembatan Suramadu di Jawa Timur.

Direktur Operasi Waskita Karya Desi Arryani mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan teknis.


"Kita memprakarsai pembangunan tol Jembatan Penajam. Modelnya kayak Suramadu. Nantinya, kalau ini sudah ada, industri di sekitar akan meningkat," ungkap Desi saat ditemui di Gedung BUMN, Jakarta, Jumat (9/1/2015).


Waskita Karya akan menggandeng 3 Pemerintah Daerah (Pemda) yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Pemkot Balikpapan, dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.


"Kita sudah bangun underconstruction, belum mulai masih menunggu izin, itu bukan dananya bukan dari APBN, akan jadi tol kayak Suramadu," katanya.


Desi menambahkan, ditargetkan pembangunan ini akan selesai dalam 3 tahun ke depan atau paling lama 5 tahun. "3 tahun bisa. Paling lambat 5 tahun," pungkasnya.


Jembatan tol atas laut di Kalimantan akan dibangun sepanjang 12 Km, sebagian dominan akan di atas laut. Jembatan ini akan terhubung dengan coastal road project atau tol atas laut.Next


(drk/hen)