RI Punya Banyak Gunung Berapi Sumber Energi Panas Bumi

Jakarta -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki pandangan tersendiri terhadap kondisi Indonesia. Menurut versi BMKG, Indonesia merupakan daerah sangat rawan bencana.

Tapi di balik predikat negara bencana ternyata di dalamnya ada potensi sumber energi panas bumi atau geothermal yang melimpah.


"Indonesia berada di 3 lempeng tektonik. Indonesia punya gunung api aktif terbanyak di dunia yakni 127 di permukaan. Ini aktif. Banyak juga di bawah laut. Ini bisa dipakai sebagai geothermal. Tapi di bawah laut belum dimanfaatkan untuk geothermal," kata Kepala Puslitbang BMKG Edvin Aldrian saat diskusi di acara Ikatan Alumni Program Habibie di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/1/2015).


Ia tidak menampik ada sisi lain dari kepungan lempengan tektonik hingga gunung berapi. Indonesia dinobatkan sebagai laboratorium bencana.


"Kita disebut laboratorium bencana," jelasnya.


Meski demikian, Indonesia mampu menangani ancaman hingga pasca bencana dalam beberapa tahun terakhir.


"BMKG angaran naik 12 kali lipat dalam 8 tahun sekali. Kita bisa umumkan tsunami dalam waktu 5 menit. Itu masalah bencana, kita lebih cepat dalam satu dasawarsa terakhir," ujarnya.


(feb/ang)