Menteri Amran dan Pengusaha Diskusi Bahas Masalah Pertanian

Jakarta -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar pertemuan dengan para pelaku industri di sektor pertanian. Pertemuan ini membahas sejumlah permasalahan yang dialami kalangan usaha yang bergerak di sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Pertemuan yang dihadiri tak kurang dari 20 orang perwakilan pelaku usaha ini juga dihadiri oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Permasalahan yang dibahas dari mulai sulitnya memperoleh lahan pertanian, penyediaan benih dan pupuk yang masih sulit, hingga peraturan dan perizinan usaha yang dianggap tidak mendukung pertumbuhan industri ini.


"Dalam pertemuan ini mari kita carikan solusinya bersama, karena kita sedang punya misi besar mencapai swasembada pangan dalam 3 tahun. Itu harus dapat dukungan. Masukan dari bapak-ibu sangat berharga buat saya," ujar Amran kala membuka pertemuan yang digelar di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (9/1/2015).


Sebagai informasi, pemerintahan Presiden Joko Widodo‎ (Jokowi) menargetkan Indonesia bisa swasembada pangan khususnya untuk 3 jenis produk pertanian meliputi padi, jagung, dan kedelai dalam 3 tahun.


Pemerintah juga menargetkan bisa memenuhi kebutuhan daging dari produksi dalam negeri. Adapun permasalahan yang menghadang terutama terkait berkurangnya lahan pertanian yang banyak beralih fungsi, serta penyediaan pupuk dan benih yang belum mampu memenuhi permintaan.


(dna/hds)