Pantau Penyaluran Benih Subsidi, Menteri Amran Kirim 200 Orang Pengawas

Jakarta -Pemerintah secara bertahap mulai menyalurkan 50.000 ton bibit subsidi ke seluruh ladang pertanian di seluruh kabupaten se Indonesia dengan titik fokus pada 17 provinsi lumbung pangan nasional.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerangkan, pihaknya akan mengerahkan tim yang terdiri dari 200 orang ‎untuk untuk memuluskan pembagian benih subsidi tersebut.


"Hari senin kita akan kirim tim terdiri dari 200 orang. Mereka yang bertugas menjamin kelancaran pembagian benih. Benih itu bentuknya benih subsidi. Dua ratus orang ini kita sebar ke seluruh Indonesia, 1 kabupaten, 1 orang. Kita fokuskan di 17 provinsi lumbung pangan," ujar Amran ketika dihubungi detikFinance, Sabtu (10/1/2015).


Upaya ini, kata dia, dilakukan untuk memastikan benih yang disediakan jatuh ke tangan yang tepat dan tidak ada penyelewengan.


"Apa benar benih yang disediakan sesuai yang kita order, apa benar benih yang sudah disediakan diberikannya sesuai yang kita data, dan apa benar benih yang sampai petani harganya sesuai yang kita tentukan. Kita nggak mau terima laporan, katanya-katanya jadi harus tim terjun langsung," tegas dia.


Ada 3 jenis tanaman pangan yang benihnya dibagikan kepada petani dengan harga yang sudah disubsidi. 3 jenis tanaman pangan itu adalah Padi, Jagung dan Kedelai. penyediaannya sendiri telah ditugaskan kepada PT Sang Hyang Seri dan PT Pertani lewat mekanisme penunjukan langsung.


Untuk urusan harga benih yang sampai ke petani, Amran menjelaskan, akan disesuaikan dengan masing-masing lokasi. Adapun besaran harga sudah ditentukan oleh pihak Kementerian Pertanian bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.Next


(dna/ang)