Pedagang Heran Kenaikan Harga Ikan 2015 Tak Setinggi Tahun Lalu

Jakarta -Cuaca buruk atau musim angin barat memang selalu terjadi di awal tahun pada periode Januari-Maret. Sehingga nelayan takut untuk melaut dan menangkap ikan, sehingga berdampak pada pasokan dan kenaikan harga ikan.

Namun awal 2015 kenaikan harga ikan tidak separah tahun-tahun sebelumnya. Hal ini yang membuat mereka bertanya-tanya karena di luar kebiasaan.


Abah Dian, pedagang ikan di Pasar Senen, Jakarta Pusat, menuturkan biasanya harga ikan naik sekitar Rp 7.000 per kg sampai Rp 10.000 per kg bila saat musim barat. Namun sekarang ini, kenaikan harga tertinggi hanya Rp 5.000 per kg.


"Biasanya pengaruh angin barat itu selama 3 bulan. Harga ikan itu agak mahal, naik Rp 7.000-Rp 10.000 per kg," kata Abah Dian kepada detikFinance di Pasar Senen, Jakarta, Minggu (11/1/2015).


Hal yang sama juga disampaikan Andi, pedagang ikan ini sempat bingung saat ditanya penyebab harga ikan yang kenaikannya tidak terlalu tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


"Nggak tahu juga kenapa. Tapi ikannya ada. Mungkin nelayannya udah canggih buat nangkap ikan," kata Andi tertawa.


Setiap harinya, Andi mengambil ikan dari Muara Angke, Jakarta Utara. Ia menyebutkan pasokan ikan seperti Tongkol, Bandeng dan Kembung yang dijualnya tersedia cukup meski saat musim angin barat.Next


(mkl/hen)