Sudirman Said Kumpulkan Bos-Bos Perusahaan Tambang di Bandung

Bandung -Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said menggelar pertemuan bertajuk Forum Pemimpin Mineral dan Batu Bara Indonesia dengan tema "Meningkatkan Nilai Tambah Industri Pertambangan Melalui Sinergi dan Kebersamaan".

Acara yang digelar di Museum Geologi, Bandung ini dihadiri oleh sedikitnya 42 orang peserta yang terdiri dari pejabat-pejabat eselon I dan II Kementerian ESDM serta Direktur Utama 3 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor Tambang dan Batu Bara.


Tiga BUMN beserta perwakilannya adalah Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Milawarma, Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Tato Mirza dan Direktur PT Timah Tbk (TINS) Sukrisno.


Dalam sambutannya, Sudirman menegaskan bahwa pertemuan ini penting untuk meningkatkan sinergi antara pelaku industri dengan para pemangku kebijakan.


"Pertemuan serupa sudah pernah kami gelar tapi di sektor minyak dan gas, kali ini saya gelar dengan tambang dan batu bara. Nanti Senin atau Selasa akan pertemuan pula dengan sektor listrik. Pertemuan ini adalah untuk meningkatkan sinergi," ujar dia dalam acara yang digelar Sabtu (10/1/2015).


Ia menambahkan, dalam pertemuan ini juga akan dibahas perihal permasalahan-permasalahan yang selama ini dianggap sebagai kendala utama peningkatan kulitas industri di sektor tambang dan batu bara di tanah air.


"Kita akan mengupayan iklim usaha yang lebih sehat sehingga perusahaan kita di sektor ini bisa tumbuh lebih kuat. Ini untuk meningkatkan daya tawar BUMN kita juga dalam menggandeng mitra global. Kalau BUMN kita lebih kuat, mereka bisa dapat rekan yang kuat juga jadi investasi yang dilakukan bentuknya lebih masif dan lebih kuat," pungkas dia.


(dna/ang)