Aksi Beli Jelang Penutupan Dorong IHSG Naik 27 Poin

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak fluktuatif sebelum akhirnya naik 27 poin berkat aksi beli pada perdagangan pra penutupan. Sembilan indeks sektoral berhasil menguat.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup menguat di posisi Rp 10.905 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.330 per dolar AS.


Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka bertambah 8,630 poin (0,19%) ke level 4.528,094. Sempat stagnan sebelum investor mulai melakukan aksi beli yang mendorong indeks ke zona hijau secara perlahan.


Indeks bergerak dalam rentang yang tidak terlalu lebar, namun setidaknya masih berada di jalur hijau. Perlahan tapi pasti indeks sempat naik hingga posisi tertingginya di 4.532,619.


Sayangnya aksi ambil untung memaksa indeks lengser dari posisi atas langsung ke bawah di teritori negatif. Aksi ambil untung yang memaksa indeks melemah.


Pada penutupan perdagangan sesi I, IHSG menipis 5,796 poin (0,13%) ke level 4.513,134, sempat naik-turun antara positif dan negatif sebelum akhirnya beristirahat. Aksi ambil untung membuat indeks sulit bergerak ke atas.


Memasuki perdagangan sesi sore, pergerakan IHSG tidak banyak berubah, masih saja dalam rentang yang tipis. Sampai akhirnya aksi beli marak terjadi pada perdagangan pra penutupan.Next


(ang/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!