Pertamina Mulai Operasikan SPBU Eks Petronas di Medan

Medan - PT Pertamina (Persero) mulai mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dibeli dari Petronas di Medan, Sumatera Utara (Sumut). SPBU ini merupakan salah dari 8 SPBU Petronas yang diambil alih Pertamina di Indonesia.

SPBU yang dioperasikan itu berada di dekat kawasan bekas Bandara Polonia, Jalan Imam Bonjol, Medan. Operasional SPBU itu ditandai dengan serangkaian seremoni berupa pemotongan pita, pengisian BBM perdana, serta penandatangan prasasti yang dilakukan General Manager Pertamina Marketing Operation Region I Giri Santoso.


"Rebranding SPBU Pertamina ini sekaligus menjadi salah satu bukti bahwa Pertamina mampu mempertahankan pangsa pasar, khususnya di sektor bisnis ritel di dalam negeri," kata Giri Santoso saat peresmian, Kamis (17/10/2013).


Peresmian ini turut dihadiri Vice President Pertamina Retail Fuel Marketing Muchamad Iskandar. Giri menyebutkan, kehadiran SPBU ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pelayanan untuk konsumen, terutama untuk produk-produk Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi, seperti Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex.


SPBU nomor 11.201.106 ini tercatat sebagai SPBU ke-86 di Medan atau yang ke-319 di Sumut. SPBU ini dioperasikan sendiri oleh Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina Retail atau diistilahkan Company Own Company Operated (COCO). SPBU ini dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain restoran cepat saji, toilet, dan minimarket Bright.


Beberapa waktu lalu Pertamina mengambil alih 8 SPBU milik Petronas di Indonesia, salah satunya berada di Medan. Sebelumnya Petronas mengoperasikan 4 SPBU di Medan, dan seluruhnya sudah berhenti operasi. Satu diambil Pertamina, sementara tiga lagi tidak diketahui statusnya.


(rul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!