PLN Sewa Genset dari Singapura dan Timteng Untuk Atasi Krisis Listrik Sumatera

Jakarta - Wilayah Sumatera mengalami krisis listrik dan seringkali terjadi pemadaman alias byar pet. Untuk mengatasinya, PLN mendatangkan genset berkapasitas 150 megawatt (MW) dari Singapura dan Timur Tengah (Timteng).

"Genset-genset tersebut kita sewa, total kapasitas genset yang disewa sebesar 150 megawatt," kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji ketika berbincang dengan detikFinance, seperti dikutip Kamis (17/10/2013).


"Gensetnya kita datangkan dari Singapura dan Timur Tengah, karena ada pihak ketiga yang menyewakan genset-genset ini," ujarnya.


Nur menambahkan, genset yang disewa sebesar 150 MW ini belum dapat menjamin krisis listrik di Sumatera berakhir. "Kalau mau aman, tentu harus ada cadangan listrik lebih, kalau sekarang dengan tambahan 150 MW dari genset yang disewa, pasokan listriknya pas-pasan, kita masih was-was, untuk itu perlu ada tambahan cadangan lagi," ungkapnya.


"Untuk tambahan cadangan listrik di Sumatera tersebut, kita akan sewa lagi genset 160 MW. Berapa jumlahnya biaya sewanya tanya ke Pak Adyana Direktur Operasi Sumatera, Jawa dan Bali, beliau yang tahu," ucapnya.


Terpisah dalam pesan singkatnya, Adyana mengungkapkan, untuk sewa genset tambahan 160 MW masih dalam proses kontrak.


"Betul (sewa tambahan genset 160 MW lagi) yang 150 MW sudah diteken kontraknya, yang 160 MW masih proses kontrak sehingga belum tahu biaya sewanya. Berapa sewanya itu dilaksanakan oleh Unit PLN Palembang Sumatera Utara. Aku nggak punya angkanya," kata Adyana.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!