Dahlan Ingin BNI dan Mandiri Dipercaya Kelola Dana Hasil Ekspor

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mendorong PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Mandiri Tbk (Mandiri) untuk mempromosikan bank trustee. Dengan kepercayaan yang telah diberikan Bank Indonesia (BI) ini, 2 BUMN ini telah dipercaya mengelola devisa hasil ekspor (DHE).

"Di antara bank BUMN sudah ada 2 bank yang dipercaya untuk menjadi bank trustee. Yaitu Mandiri dan BNI. Itu sudah 1 tahun lalu. Manajemen bank ini perlu melakukan sosialisasi yang luas agar orang tahu. Kalau bank ini, bank trustee," ucap Dahlan usai rapim BUMN di kantor pusat Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (17/10/2013).


Dengan kapasitas ini, perusahaan asing dan lokal yang beroperasi di Indonesia saat melakukan aktivitas produksi dan ekspor tidak perlu lagi menyimpan devisa hasil ekspor di bank trustee luar negeri. Perusahaan tersebut bisa menitipkan devisa hasil ekspornya pada bank trustee di Indonesia.


"Misalnya A punya proyek pertambangan di Indonesia. Itu perusahaan asing. Kemudian dia ekspor hasil tambang ke luar tentu ada transaksi. Apakah ada aliran uang yang mampir di dalam negeri? Belum tentu karena mereka simpan pada bank trustee di luar negeri. Pembeli, perusahaan dan bank trustee semua di luar negeri," jelasnya.


Sehingga kerja geras Bank BUMN perlu dilakukan untuk memperoleh kepercayaan dari perusahaan agar mau menempatkan dananya di Indonesia. Dahlan menyebut masih adanya perusahaan yang menyimpan devisa hasil ekspor di perbankan luar negeri karena dahulu perbankan di Indonesia belum dipercaya. Namun kondisi tersebut saat ini telah berubah.


"Dulu belum bisa kita karena belum dipercaya. Sebagai bank trustee ini salah kita salah kita sendiri. Ada 2 bank yang dipercaya. Saya minta 2 bank ini untuk incar nasabah yang selama ini mempercayakan ke luar. Ini sudah dimulai. Ini pekerjaan besar bagi Mandiri dan BNI," sebutnya.


(feb/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!