Tol Kebon Jeruk-Ciledug Bisa Dilewati Kendaraan Akhir Tahun Ini

Jakarta - Pembangunan fisik proyek jalan tol Kebon Jeruk-Ulujami terus berjalan. Dalam waktu dekat, tol ini akan segera rampung dari Kebon Jeruk-Ciledug.

Direktur PT Marga Lintas Jakarta pperator tol ini, Sonhadji mengatakan, tol ini terbagi menjadi 4 paket. Paket 1-3 yang terbentang dari Kebon Jeruk-Ciledug rata-rata sudah mencapai lebih dari 93%.


"Hari ini paket 1, 93%. Paket 2 sudah sampai 99,8%, paket 3 sudah selesai 100," ungkap Sonhadji kepada detikFinance, dikutip Jumat (18/10/2013).


Sonhadji enggan menyebutkan target penyelesaian konstruksi paket 1-3 meski persoalan tanah di ketiga paket tersebut sudah selesai semua. Namun yang pasti, sebelum akhir tahun, tol ini sudah dapat dilewati kendaraan.


"Progress-nya lancar banget, pokoknya waktu natal atau tahun baru sudah bisa dilewati, begitu saja," katanya.


Sonhadji mengatakan, setelah proses konstruksi rampung, tol tersebut harus menempuh uji kelaikan dari Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, Kepolisian, dan pejabat terkait. Baru kemudian dikeluarkan Surat Keputusan Menteri PU untuk peresmian dan penetapan tarif.


"Kalau operasi bukan saya yang menentukan. Nanti keluar SK Menteri untuk pengoperasian," katanya.


Sementara untuk seksi 4 dari Ciledug hingga Ulujami, Sonhadji mengatakan masih terkendala pembebasan tanah. Sekitar 130 bidang tanah masih belum terbebaskan karena permasalahan ganti rugi lahan yang belum menemui kata sepakat.


"Tahun 2014 selesai. Kalau tanahnya selesai, kita bisa selesaikan 2014 nanti," katanya.


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!