Proyek PLTG Batam Dapat Pembiayaan Rp 480 Miliar

Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menandatangani Perjanjian Pemberian Fasilitas Pembiayaan dengan PT Energi Listrik Batam (ELB), anak usaha PT Medco Power Indonesia, sebesar US$ 48 juta (Rp 480 miliar).

Dana sebnayak itu akan digunakan untuk pembangunan dan konstruksi Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau. Proyek yang diperkirakan selesai dibangun pada bulan Desember 2014 akan mampu menghasilkan pasokan listrik sebesar 2X35 MW bagi masyarakat dan industri di pulau Batam dan sekitarnya.


“Dengan kebutuhan listrik yang terus meningkat rata-rata 9,3% per tahun dan sejalan dengan usaha peningkatan rasio elektrifikasi di Indonesia yang ditargetkan meningkat 90,9% di tahun 2019, pembiayaan pembangunan PLTG ini sedikit banyak turut memberikan kontribusi bagi tambahan pasokan listrik Indonesia, khususnya di pulau Batam dan sekitarnya,” kata Direktur Pembiayaan & Investasi SMI, Nasrizal Nazir, dalam siaran pers, Sabtu (19/10/2013).


“Kami akan mendukung Project Sponsor yang memiliki reputasi baik serta komitmen tinggi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat memberikan sinyal positif bagi para project sponsor untuk terus meningkatkan peran sertanya dalam pengembangan proyek–proyek infrastruktur di Indonesia,” kata Presiden Direktur IIF, Kartika Wirdjoatmodjo.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!